Copyright © CORETAN PENA
Design by Dzignine
3 November 2011

MANUSIA DAN KEINDAHAN

MANUSIA DAN KEINDAHAN

KEINDAHAN

Keindahan berasal dari kata indah yang berarti cantik, elok, bagus, permai, molek dan sebagainya. Banyak hal yang indah dibumi ini yang bisa kita jumpai berawal dari alam, seni, suara, warna, bentuk suatu bangunan, suatu tatanan, dan masih banyak lagi bahkan manusia itu sendiri bisa dikatakan indah. Oleh karena itu kehidupan manusia tak luput dari semua keindahan tersebut.

Banyak hal yang indah dibumi ini, tapi manusia belum tentu bisa menentukan mana hal yang indah dan mana hal yang tidak indah, karena keindahan berkaitan erat dengan hal kebenaran. Dan manusia sulit untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, karena itulah manusia seringkali terkecoh dengan keindahan dalam arti sesungguhnya.

Dalam contoh keseharian, memanglah sulit bagi kita untuk menyatakan apa sebenarnya keindahan itu, karena sesungguhnya keindahan dapat dilihat dan dirasakan jika sudah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau sesuatu yang berkarya. Dengan arti lain, keindahan baru dapat dirasakan jika sudah memiliki wujud atau bentuk. Keindahan memiliki banyak arti dan pengertian, itu semua tergantung dari apa yang dipikiran oleh seseorang. Berikut adalah salah satu contoh pengertian dari keindahan itu :

Keindahan adalah awal dan akhir dari pemikiran imijinatif yang paling brliant.

Keindahan adalah saat indera terbuka dan saat imajinasai terbanng tinggi tanpa kehilangan pijakan bumi.

Selain itu ada beberapa pendapat dari beberapa tokoh tentang Keindahan:

KAHLIL GIBRAN

Keindahan adalah sesuatu yang menarik jiwamu. Keindahan adalah cinta yang tidak memberi namun menerima.

IMANUEL KANT

Keindahan ada dalam penderitaan yang membahagiakan.

BAUMGARTEN

Keindahan adalah kesempurnaan yang ada pada alam.

ARISTOTELES

Keindahan terdapat dalam kesantaian.

Ketika engkau menemukan Keindahan, engkau akan merasakan tangan-tangan yang ada alam jiwamu digerakan untuk membawa keindahan kedalam relung hatimu. Itulah keindahan yang merupakan perpaduan antara penderitaan dan kebahagiaan, yang tidak terlihat namun dapat engkau lihat, dan ketidakjelasan yang bisa engkau mengerti. Keindahan adalah keselarasan antara sukacita dan dukacita yang bermula dari hati kita yang suci diluar wilayah imajinasi kita.

MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEINDAHAN

Keindahan pada prinsipnya adalah alamiah. Alamiah artinya tidak berlebihan dan tidak kurang. Pengungkapan keindahan didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu dapat berupa pengalaman hidup manusia, perubahan nilai-nilai dalam masyarakat, keagungan Tuhan, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Banyak hal yang meyangkut manusia dan keindahan, tapi seringkali kita menyamaartikannya dengan keindahan seni padahal diluar dari kata seni banyak sekali hal yang berhubungan dengan keindahan, walaupun tidak sebanyak yang berkaitan dengan seni. Salah satu contoh dari Keindahan diluar kata seni adalah alam. Alam yang diciptakan oleh Tuhan secara alamiah.

Salah satu cara kita agar dapat menikmati Keindahan yang alami adalah merasakan betapa megahnya alam jagad raya yang diciptakan Tuhan untuk kita. Kita patut bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita, tanpa adanya itu semua bumi kita serasa kosong dan hampa.

0 comments:

Posting Komentar