Copyright © CORETAN PENA
Design by Dzignine
20 Oktober 2012

UKM


UKM yang ADA di INDONESIA

UKM atau Usaha Kecil Menengah sering sekali kita mendengarnya.  Usaha Kecil Menengah di Indonesia sudah banyak berkembang, sejak tahun 2011 tercacat sekitar 52 juta UKM yang ada di Indonesia.  Namun angka ini masih dirasa kurang untuk menyejahterakan seluruh  masyarakat yang berekonomian rendah.  Untuk itu perlu adanya peningkatan jumlah UKM yang ada di Indonesia.  Nah, masalah inilah yang menjadi titik dimana pemerintah harus bekerja ekstra keras untuk meningkatkan minat ber-UKM dimasyarakat.  Masyarakat yang belum mempunyai pekerjaan diharapkan mampu membuat suatu usaha atau ber-UKM dan memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat yang ada lingkungannya.

Hal ini yang menjadi kesulitan yang dialami, dalam menumbuhkan minat ber-UKM di masyarakat di Indonesia.  Tidak semua masyarakat mampu menerima keputusan dari pemerintah ditambah lagi hanya sebagian orang yang memang ahli atau pandai dalam berwirasuha.  Karena itu semualah pemerintah harus berusaha dari awal untuk mengenalkan cara-cara ber-UKM yang baik dan cara menghindari setiap hambatan-hambatan yang mungkin dialami dalam ber-UKM.

Dalam memberikan penjelasan kepada setiap masyarakat, pemerintah juga harus memperhatikan setiap cara yang digunakan dalam menyampaikan setiap penjelasan.  Tidak semua masyarakat berpendidikan, jadi pemerintah harus menyampaikannya dalam bahasa masyarakat pada umumnya.  Dalam menyampaikan perkenalan terhadap UKM, pemerintah harus menyampaikan secara merata ke seluruh masyarakat di Indonesia.  Hal ini dilakukan agar pemerintah mampu menyerap semua masyarakat yang benar-benar ahli dalam ber-UKM.  Karena kembali lagi, tidak semua masyarakat ahli atau pandai dalam ber-UKM.

Kembali lagi ke pembahasan UKM.  Di  Indonesia sudah banyak contoh UKM-UKM yang sukses dan berjaya baik didalam negeri maupun diluar negeri.  Ini semua berkat kesungguhan mereka dalam menjalani setiap usahanya.  Tips-tips dalam menjalani setiap usaha yang akan dilakukan :
           a.    Langkah pertama harus ada keinginan dan keyakinan dalam memulai setiap usaha.
           b.    Harus ada modal dalam menjalankan usaha yang baru.
           c.    Ada kedisiplinan dalam menjalankan setiap usaha.
           d.    Berikan hal yang terbaik dalam usahanya.
           e.    Buatlah suatu iklan atau promosi mengenai usaha yang baru.
           f.      Berkreatvitaslah atau berkreasilah dengan apa saja yang ada disekitar kita.
           g.    Jangan mudah menyerah apabila menemukan hambatan yang ada.
           h.    Berikan kesungguhan yang lebih dalam usaha.

Mungkin jika dibaca kembali semua itu terdengar sangatlah mudah, tapi itu semua penuh dengan tantangan dan perlu kewaspadaan ekstra dalam menjalani setiap usaha.  Banyak yang pelu diwaspadai mulai dari lawan saingan sampai hal yang sangat kecil bahan-bahan yang akan digunakan dalam usaha.  Banyak diantara kita belum mengetahui secara spesifik, dunia usaha itu seperti apa dan mungkin itu semua yang membuat mereka gagal dalam dunia usaha.

Kita tidak perlu takut jika ingin terjun langsung dalam dunia usaha, karena dunia usaha memang sangat menjanjikan.  Kita hanya perlu memperhatikan setiap kerikil-kerikil tajam yang menghalangi.  Dan menyingkirkan semua kerikil tajam tersebut.  Memang semua itu tidak mudah, dengan adanya kedisiplinan dan percaya diri mungkin akan mengurangi setiap hambatan yang ada.

Pemerintah bekerjasama dengan perguruan tinggi, lebih menekan para lulusannya untuk menjadi wirausahawan muda, untuk membantu pemerintah muwujudkan rakyat yang berwirausahawan.  Untuk itu jangan kalah dengan masyarakat yang lebih muda, jika mereka semua mampu menjadi orang yang sukses melalui wirausaha kenapa kita tidak ??? 

0 comments:

Posting Komentar