Copyright © CORETAN PENA
Design by Dzignine
18 April 2014

Contoh Karangan Populer

KEMUNDURAN KESOPANAN PADA DIRI REMAJA SAAT INI


Beberapa hari lalu ramai di beritakan pada banyak media sosial.  Seorang remaja meluapkan emosinya di akun sosial Path, saat seorang ibu hamil memintanya tempat duduk di KRL. “benciii bgt ama ibu2 hamil yg tiba2 dateng minta duduk.. yaa gw tau lw hamill tapi pliss dong berangkat pagi.. ke stasiun yg jauh sekalian biar dapet tmpat duduk.. dasar emg ga mau susaah.. ckckck nyusain org.. kalo ga mau susaah ga ush kerjaa bu dirumah aja.. mntang2 hamil maunya dingertiin trs.. tapi sndirinyaa ga mau usahaa.. cape dehh.. #notetomyselfjgnnyusainorg !!” begitulah kira-kira isi curahan hati remaja tersebut pada media sosial Path.  Hal ini sontak membuat kaget para pengguna sosial, tidaknya hanya Path tetapi Twitter pun turut membicarakan hal tersebut.  Banyak dari mereka menuturkan hal yang buruk terhadap curahanan hati remaja tersebut, tapi ada juga yang meng-iyakan kalimat tersebut.

Itu adalah salah satu contoh sifat remaja saat ini.  Memang tidak semua remaja berlaku demikian, tapi hal tersebut menunjukkan bahwa banyak dari mereka mulai meninggalkan ajaran-ajaran ketimuran dari bangsa Indonesia.  Sifat individual yang mulai mendominasi pada diri remaja mulai menghilangkan sifat kesopanan baik kepada orang lain maupun pada tempat-tempat umum.  Hal ini terbukti dengan banyaknya kejadian tawuran, kerusuhan pada tempat-tempat umum, pertikaian yang melibatkan para remaja, selain itu banyaknya tulisan yang mereka tulis mengenai kehidupan pribadi mereka ke jejaring sosial.  Itu membuktikan bahwa mereka tidak memikirkan terlebih dahulu apa yang akan terjadi jika mereka melakukan hal tersebut pada media sosial.  Hal tersebut memang lazim kita jumpai jika melihat media sosial sekarang ini.  Fungsi media sosial pun secara perlahan berubah, yang awalnya sebagai media bertukar informasi, kini menjadi media curahan hati para penggunanya.

Hal-hal demikian harus menjadi perhatian khusus para orang tua dan para instansi terkait.  Karena jika di diamkan sifat seperti ini akan terus melekat pada diri mereka hingga mereka tua nanti.   Sifat remaja yang demikian bukanlah suatu sikap yang harus diikuti oleh adik-adik mereka serta generasi mereka selanjutnya.  Jangan biarkan remaja saat ini meninggalkan jejak yang kurang baik untuk masa depan nanti.  Mau jadi apa negara ini jika banyak penerus-penerusnya bersifat demikian?.  Mulai sekarang jika Anda seorang remaja rubahlah sikap-sikap buruk yang ada dalam diri Anda yang mungkin dapat merugikan masyarakat umum.  Namun, jika Anda adalah seorang yang memiliki anak remaja, perhatikanlah sikap anak-anak Anda, jangan biarkan sifat tersebut melekat dalam diri anak Anda.  Bantulah anak Anda untuk berubah menjadi anak yang diharapkan bangsa ini, Bangsa Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar