Copyright © CORETAN PENA
Design by Dzignine
10 Oktober 2014

BAB 1 PENDAHULUAN

PERILAKU KONSUMEN

Pembelajaran mengenai perilaku konsumen adalah sangat penting dalam menjalankan konsep pemasaran didalam suatu perusahaan.  Tanpa adanya suatu pemahaman atau penjelasan tentang sasaran pasar yang jelas, suatu perusahaan tidak dapat dikatakan telah menjadikan konsep pemasaran sebagai pedoman atau acuan, walaupun perusahaan tersebut telah menjalankan fungsi pemasarannya dengan baik.  Untuk mengetahui dengan jelas perilaku konsumen ini, seorng pemasar harus melakukan penelitian sebagai langkah awal untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.

Pengertian Perilaku Konsumen
“Perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli. Menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan kegiatan evaluasi” pernyataan tersebut menurut Ujang Sumarwan (2003:26).  Sedangkan American Marketing Association mendefinisikan perilaku konsumen sebagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya.

Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen merupakan semua tindakan dari konsumen dalam mendapatkan produk yang diinginkan, diawali dar sebelum membeli sampai dengan evaluasi produk yang akan digunakan.
Pengolah informasi manusia, pembelajaran, dan perubahan sikap semua merupakan minat utama dari penelitian konsumen.  Sesungguhnya, disinilah beberapa dari sumbangan terbesar telah dibuat untuk memahami PERILAKU KONSUMEN.

Siapa Sebenarnya Konsumen Itu dan Apa Saja Ciri-Ciri Konsumen
 Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan jasa yang tersedia dalammasyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hiduplain dan tidak untuk diperdagangkan.Jika tujuan pembelian produk tersebut untuk dijualkembali maka dia disebut pengecer atau distributor.  Jika dilihat dari perilaku konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
      a.      Perilaku Konsumen Rasional, suatu konsumsi dapat dikatakan rasional jika memperhatikan hal-hal berikut :
·         Barang tersebut dapat memberikan kegunaan optimal bagi konsumen
·         Barang tersebut benar-benar diperlukan
·         Mutu barang terjamin
·         Harga sesuai dengan kemampuan konsumen
     b.      Perilaku Konsumen Irasional, suatu perilaku dalam mengkonsumsi dapat dikatakan tidak rasionak jika konsumen tersebut membeli barang tanpa dipikirkan kegunaannya terlebih dahulu.  Contohnya :
-          Memiliki merek yang sudah dikenal banyak orang
-          Tertarik dengan promosi atau iklan baik di media cetak maupun elektronik
-          Prestise atau gengsi
-          Diskon atau bonus-bonus dan adanya bursa obral

Ciri-ciri konsumen ada 2 wujudnya, yaitu :                    
  1.  Personal Consumer, konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
   2.  Organization Consumer, konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

Kekuataan Utama Dalam Mempertajam Penelitian Tentang Konsumen
      1.      Membantu mereka untuk mengetahui keinginan, kebutuhan sekaligus dengan kepuasan konsumen.  Implikasi yang banyak disarankan untuk menjadikan pemasaran berhasil adalah kenalilah konsumen anda, berilah apa yang mereka inginkan, gunakan media yang menjadi sasaran dan media baru, gunakan non media, capailah konsumen di toko, tajamkan promosi, bekerja sama dengan pengecer.
      
      2.      Selalu berinovasi dalam menciptakan hal-hal baru, selalu memiliki ide-ide baru serta kreatif dalam menciptakan produk dan kualitas produk, guna kepuasan para konsumen yang terpenuhi kebutuhannya.  Selalu melakukan inovasi pada produk juga berdampak pada konsumen yang akan terus (setia) mengkonsumsi produk kita


Daftar Pustaka            :

0 comments:

Posting Komentar