Copyright © CORETAN PENA
Design by Dzignine

Yang Muda Yang Berprestasi


KAUM MUDA dan EKONOMI KOPERASI


Koperasi mungkin sudah sering kita mendengar kata itu, bahkan mungkin diantara kita sudah mengetahui apa itu koperasi.  Ekonomi koperasi memang salah satu cara ampuh untuk memberikan kontribusi besar dalam mengatasi krisis ekonomi dalam suatu negara.  Namun, mengetahuinya saja tidaklah cukup untuk membantu mengatasi krisis ekonomi yang mungkin sedang terjadi di negara tersebut.

Sebagai generasi muda, kita adalah penerus bangsa Indonesia ini.  Tentu kita tidak ingin melihat bangsa kita terpuruk dalam hal ekonomi.  Generasi muda harus mampu memberikan kontribusi yang besar dalam segala bidang pembangunan ekonomi bangsa ini, termasuk dalam bidang ekonomi koperasi.

Pakar ekonomi mengatakan, dalam suatu negara harus ada paling tidak sedikitnya 1% jumlah wirausaha dari jumlah seluruh penduduk yang ada untuk dapat membantu dalam perekonomian di negara tersebut.  Jika kita lihat,penduduk di Indonesia berjumlah ­+ 237 juta orang (menurut data BPS tahun 2010), dan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi Indonesia membutuhkan sedikitnya 2 juta penduduk yang berprofesi sebagai wirausaha.  Namun, kenyataannya kini Indonesia baru mempunyai 1 juta wirausaha baik usaha besar maupun industri rumahan.

contoh wirausahawan muda
Pemerintah masih memiliki tugas penting untuk menjaga negara Indonesia tidak mudah goyah dalam mengalami krisis ekonomi global yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2015.  Tugas inilah yang dirasa cukup sulit untuk dijalankan, karena banyak penduduk yang tidak mau mengambil resiko dalam berusaha.  Mereka banyak memilih bekerja di perusahaan sebagai karyawan karena mereka berfikir pendapatan yang mereka terima akan tetap atau stabil tidak ada resiko yang mungkin terjadi.

Pemahaman seperti inilah yang harus diubah oleh pemerintah dalam benak masyarakat kebanyakan.  Mengubah hal seperti itu tidaklah mudah, membutuhkan pemikiran yang sangat matang dan kerja ekstra.  Disamping itu butuh dorongan yang kuat dan partisipasi masyarakat luas untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi di Indonesia.

Belakangan ini pemerintah juga telah menggencarkan berbagai macam program khususnya dalam bidang koperasi.  Sebut saja KUR (Kredit Usaha Rayat).  Program-program tersebut sangatlah bagus jika memang dijalankan sesuai dengan apa yang tertuang dalam program tersebut.

Selain program yang tersebut, pemerintah juga harus mengikut sertakan generasi muda dalam setiap program untuk membangun ekonomi bangsa Indonesia. Karena kaum muda adalah wujud dari bangsa tersebut. Hal itu dibuktikan dalam usaha pemerintah dalam meningkatkan jumlah wirausaha muda yang ada.  Pemerintah membidik para mahasiswa baik yang sudah menyelesaikan pendidikan maupun belum untuk dapat bergabung dalam wirausaha muda.

Program tersebut berupa adanya perlombaan dalam bentuk proposal tentang hal apa yang akan kita buat jika suatu saat nanti kita akan menjadi seorang wirausahawan.  Hadiah dari perlombaan ini dapat berupa modal yang nantinya akan merealisasikan apa yang ada dalam proposal yang kita buat.  Program semacam ini cukup menarik perhatian para kaum muda, mereka berlomba-lomba untuk memenangkan perlombaan tersebut.

Program-program seperti itulah yang banyak diharapkan mampu menjaring banyak mahasiswa untuk dapat terjun langsung kedalam dunia wirausaha ini.  Dan mungkin dapat meningkatkan jumlah wirausahawan yang ada di Indonesia.  Sehingga Indonesia mampu membentengi diri dari dampak krisis ekonomi global.


0 comments:

Poskan Komentar