Copyright © CORETAN PENA
Design by Dzignine
21 November 2012

Saatnya UKM Berjaya


SAATNYA UKM BERJAYA

Usaha Kecil Menengah (UKM) tentunya sering terngiang ditelinga kita, tapi apakah mereka mengerti bagaimana UKM tersebut,,? Dan kontribusi apa yang telah UKM berikan kepada negara ini,,,?? Sampai-sampai pemerintah meng-iklankan UKM ini disemua media masa.  Sebenarnya UKM adalah salah satu program unggulan  dari pemerintah untuk membangkitkan perekonomian yang ada di Indonesia.  Program ini sudah digunakan diberbagai negara, karena memang telah memberikan hasil-hasil yang memuaskan bagi negara yang menerapkan sistem seperti UKM ini.

UKM di Indonesia telah banyak memberikan kontribusi bagi perekonomian dinegara ini.  Salah satu contohnya adalah saat terjadi krisis ekonomi pada tahun 1997 sampai 1998.  Banyak UKM yang tetap bertahan dan tidak goyah diterjang krisis global ini, sedangkan perusahaan-perusahaan besar tidak mampu bertahan dalam gempuran krisis ekonomi yang sedang berlangsung.  Jika kalian melihat tulisan lain, mungkin contoh dari kuatnya UKM  sama yaitu mengenai krisis ekonomi global tahun 1997 sampai 1998.  Mengapa,,?  Karena memang itu semua sudah terbukti dan mampu menopang ekonomi Indonesia untuk sementara.

Walaupun hanya sementara, tapi itu semua memberikan dampak positif bagi Indonesia.  Ekonomi negara ini mampu terselamatkan dari guncangan krisis ekonomi global.  Sampai saat ini jumlah pengusaha kecil yang bergelut didunia UKM ini hanya mencapai 1% dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia.  Padahal untuk membuat Indonesia berjaya dengan adanya UKM perlu adanya kurang lebih 5%-10% wirausahawan dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia.

Disini peran pemerintah diperlukan, pemerintah harus memberikan penyuluhan-penyuluhan atau pelatihan-pelatihan terhadap para wirausahawan baru untuk lebih memajukan usahanya.  Pelatihan juga ditujukan untuk masyarakat umum agar mereka lebih tertarik dalam dunia UKM ini.

Selain itu juga belakangan ini sudah diterapkan kepada semua mahasiswa di Indonesia materi-materi yang berhubungan dengan wirausaha.  Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa mau terjun dalam dunia wirausaha ini setelah lulus nantinya.  Dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang ada disekitarnya.

Contoh berwirausaha 1 
Ada cara lain yaitu dengan melalui media masa.  Caranya yaitu dengan memberitakan hal-hal yang positif yang mungkin akan kita dapatkan jika kita berwirausaha.  Memang tidak semua hal yang positif kita beritakan tapi juga kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika kita memasuki dunia usaha ini.  Jadi secara tidak langsung masyarakat luas juga belajar mengenai dunia usaha ini.  Dari adanya pemberitaan ini, ada kemungkinan dapat menumbuhkan rasa keinginan masyarakat untuk berwirausaha dan akan menumbuhkan tingkat UKM yang ada di Indonesia.

Juga dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian di Indonesia.  Dari sinilah peran pemerintah dibutuhkan, pemerintah harus memberikan dorongan terhadap para wirausahawan baru yang mulai memasuki dunia usaha ini.  Peran pemerintah dapat berupa pelatihan-pelatihan ataupun seminar mengenai dunia wirausaha.  Dengan adanya seminar, para wirausahawan mampu mengamati hal-hal yang akan terjadi dalam menjalankan usaha mereka.  Dan mereka juga dapat meminimalisir semua resiko-resiko yang mungkin terjadi.  Hal ini akan membuat UKM yang ada di Indonesia lebih tahan banting terhadap terjangan krisis ekonomi global.

Jika semua itu sudah dijalankan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang ada.  Indonesia mampu menjadi tuan rumah UKM dinegara sendiri.  Serta menjadikan Indonesia sebagai contoh dalam dunia UKM karena mampu membawa negaranya ke perekonomian yang lebih baik.

Bukankah kita semua menginginkan hal yang seperti itu,,?? Bukankah kita merindukan saat-saat seperti itu,,? Betapa bahagianya jika Indonesia memang menjadi tuan rumah UKM dinegara sendiri.  Untuk itu, mari kita tingkatkan rasa kewirausahaan didalam diri kita.  Potensikan semua yang ada dalam diri kita untuk membangun usaha kita kearah yang lebih baik lagi.

0 comments:

Posting Komentar