Copyright © CORETAN PENA
Design by Dzignine
28 Mei 2014

Resensi Novel

RESENSI NOVEL



Judul Buku                :  After Rain
Pengarang                  :  Anggun Prameswari
Penerbit                     :  Gagas Media
Kota Terbit                :  Jakarta
Tahun Terbit              :  2013
Cetakan                      :  Keempat
Deskripsi Fisik         :  vii + 324 hlm ; 13x19 cm
Harga Buku                :  Rp 46.000,-
ISBN                           :  979-780-659-6

Sinopsis – After Rain
            After Rain menceritakan kisah cinta seorang wanita bernama Serenade Senja yang akrab dipanggil dengan sebutan Seren.  Dia menjalin hubungan dengan seorang lelaki bernama Sambara Darmasaputra atau Bara yang satusnya sudah menikah.  Walaupun hubungan ini sudah dimulai sejak 10 tahun yang lalu, namun tetap saja mereka memutuskan untuk melanjutkan hubungan ini sejak pernikahan Bara 3 tahun yang lalu.  Bara memang sangat mencintai Seren, begitu pula dengan Seren.  Oleh karena itu mereka tetap memutuskan untuk mempertahankan hubungan mereka tanpa tahu akan dibawa ke arah mana hubungan mereka.  Suatu hari saat mereka merayakan tenth anniversary, Seren menanyakan arah tujuan hubungan mereka dan terjadilah perdebatan antara mereka.
            Setelah kejadian tersebut, Bara merasa memang hubungan terlarangnya dengan Seren harus disudahi karena dia lebih memilih anaknya Lily dibanding dengan Seren.  Walaupun sebenarnya sangat sulit bagi Seren untuk melupakan Bara dari hidupnya ditambah lagi mereka satu kantor.  Agar lebih fokus dalam menata kembali hatinya yang retak, Seren memilih untuk resign dari kantor tersebut dan bekerja sebagai guru di salah satu SMA sebagai guru pengganti Bahasa Inggris. 
            Walaupun Seren ada pengalaman dalam mengajar dan mampu berkomunikasi dengan baik pada semua orang, tetap saja ia merasa gugup saat bertemu dengan murid-murid pertamanya. Apalagi saat ia dicecar pertanyaan oleh muridnya Kenzo dan ia tak mampu untuk menjawab pertanyaan muridnya sehingga ia harus keluar kelas untuk menenangkan dirinya.
            Saat ia mengajar di SMA, kisah cintanya dimulai kembali saat ia bertemu dengan salah satu pengajar di sekolah tersebut, Elang, guru musik SMA tersebut.  Meskipun benih-benih cinta sudah mulai muncul, tetap saja Seren masih memikirkan Bara, karena baginya 10 tahun bukanlah waktu yang singkat begitu banyak kenangan yang tercipta selama 10 tahun antara mereka.  Hal yang mengejutkan lagi ternyata Elang adalah mantan pacar Miss Ema, kepala sekolah cantik dan muda di SMA tersebut.
            Seiring berjalannya waktu, Seren belajar untuk melupakan Bara dan mencoba untuk menemukan cintanya kembali.  Kehadiran Elang dalam hidupnya mampu membantu merekatkan kembali kepingan-kepingan hati Seren yang telah retak.  Dibantu Kean sahabat Seren, Nola keponakan Kean sekaligus murid Seren, dan Kenzo murid Seren, dia akan menemukan cintanya kembali setelah begitu banyak cerita yang telah terjadi setelah hancurnya hati Seren akibat putus dengan Bara.

Unsur Intrinsik Novel
   1.      Tema
-          Kisah cinta seorang wanita yang baru saja putus dengan kekasihnya.
-    Perjuangan seorang wanita untuk keluar dari rasa putus asa setelah putus dengan kekasihnya dengan hubungan yang cukup lama yaitu 10 tahun.
   2.      Tokoh
a.      Tokoh Utama      :  Serenade Senja
b.      Tokoh Kedua      :  Sambara Darmasaputra
c.      Tokoh Ketiga      :  Elang
d.      Tokoh Pembantu :  Kean, Nola, Kenzo, dan Miss Ema
e.      Tokoh Figuran    :  Anggi dan Lilly.
   3.      Penokohan
-          Serenade Senja               :  Sosok wanita yang sedang berusaha bangkit dari rasa putus asa setelah putus dengan kekasihnya.  Dalam proses kebangkitannya, ia menemukan sosok lelaki yang mampu mengobati luka di hatinya.
-      Sambara Darmasaputra    :  Sosok lelaki mantan pacar Seren yang sudah menikah dan mempunyai seorang putri yang masih teguh untuk tetap menjalin hubungan terlarangnya dengan Seren sejak 10 tahun yang lalu bahkan sebelum ia menikah.
-          Elang                                 :  Sosok lelaki yang cuek yang mampu mengobati luka di hati Seren.
-          Kean                                :  Sosok wanita yang mampu menjadi sahabat sejati dan selalu ada di saat sahabatnya dalam keadaan senang maupun bersedih.  Dia selalu memberikan nasihat-nasihat terbaiknya untuk sahabat terbaiknya.
   4.      Alur Cerita
Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju mundur.  Dimana novel menceritakan keadaan Seren yang harus bangkit dan melanjutkan hidupnya setelah ia merasa tidak berdaya akan kondisinya yang telah putus dengan Bara.  Namun terkadang dalam novel ini harus menceritakan kembali saat-saat pertama hubungan Seren dan  Bara yang terjadi sekitar 10 tahun yang lalu.  Dan kemudian cerita dalam novel ini kembali maju dengan terus menceritakan akhir cerita cinta Seren dikemudian hari.
   5.      Sudut Pandang
Sudut Pandang yang digunakan dalam novel ini adalah sudut pandang orang pertama yang perankan oleh Seren tokoh utama.
   6.      Amanat
Dalam novel ini kita dapat mengambil pelajaran atau amanat yang diberikan adalah kita harus tetap melanjutkan hidup walaupun keadaan diri kita sudah tidak mampu lagi untuk bangkit dan berjalan, masih banyak hal diluar sana yang belom kita ketahui jadi jangan menganggap hidupmu sudah berakhir dengan adanya masalah yang besar maupun kecil dalam hidupmu.  Tetap melangkah, terus mencoba dan jangan pernah menyerah.

Keunggulan dan Kelemahan Novel
   1.      Keunggulan Novel
-      Novel ini mengajarkan kita untuk tetap bangkit dan melangkah walaupun kita sedang berada dalam masalah baik itu masalah yang kecil maupun masalah yang besar.
-        Banyak kalimat yang puitis sehingga mampu membawa pembaca masuk ke dalam cerita novel.
-          Penggunaan kata yang mudah dipahami oleh semua orang.
-          Kisah yang mudah dicerna karena berasal dari kehidupan sehari-hari.
-          Sebuah bacaan yang cukup menarik untuk dipilih dan sangat inspiratif.
   2.      Kelemahan Novel
-     Pada bagian cover belakang novel terdapat sajak yang begitu indah, namun sajak tersebut tidak berada dalam isi novel atau bagian dari novel tersebut.  Sajak tersebut hanya melambangkan dari cerita yang terdapat di novel.
-  Seharusnya novel ini diberi penjelasan, untuk kalangan seperti apa novel ini diperuntukkan.  Jika untuk kalangan remaja saya kira novel ini kurang cocok karena mengisahkan tentang hubungan terlarang atau perselingkuhan.

Kesimpulan

Novel ini cukup menarik dan pantas untuk dibaca, khususnya wanita dewasa agar tidak mudah rapuh jika menghadapi hal seperti dalam cerita.  Sebuah novel yang berisi kalimat-kalimat puitis yang mampu menggetarkan hati setiap orang yang membacanya.  Jika dalam penilaian saya akan memberi bintang 4 dari 5 bintang yang ada. 

0 comments:

Posting Komentar