Copyright © CORETAN PENA
Design by Dzignine
1 Oktober 2013

BAB 1 Perilaku Konsumen

PERILAKU KONSUMEN

Pembelajaran mengenai perilaku konsumen adalah sangat penting dalam menjalankan konsep pemasaran didalam suatu perusahaan.  Tanpa adanya suatu pemahaman atau penjelasan tentang sasaran pasar yang jelas, suatu perusahaan tidak dapat dikatakan telah menjadikan konsep pemasaran sebagai pedoman atau acuan, walaupun perusahaan tersebut telah menjalankan fungsi pemasarannya dengan baik.  Untuk mengetahui dengan jelas perilaku konsumen ini, seorng pemasar harus melakukan penelitian sebagai langkah awal untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.

PENGERTIAN

“Perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli. Menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan kegiatan evaluasi” pernyataan tersebut menurut Ujang Sumarwan (2003:26).  Sedangkan American Marketing Association mendefinisikan perilaku konsumen sebagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya.
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen merupakan semua tindakan dari konsumen dalam mendapatkan produk yang diinginkan, diawali dar sebelum membeli sampai dengan evaluasi produk yang akan digunakan.

Pengolah informasi manusia, pembelajaran, dan perubahan sikap semua merupakan minat utama dari penelitian konsumen.  Sesungguhnya, disinilah beberapa dari sumbangan terbesar telah dibuat untuk memahami PERILAKU KONSUMEN.

MODEL PERILAKU KONSUMEN

Alasan mengapa seseorang membeli produk dan jasa tertentu atau membeli pada suatu perusahaan tertentu merupakan factor yang sangat penting bagi perusahaan atau organisasi dalam menentukan desain produk atau jasa, saluran distribusi, harga, dan program promosi yang efektif dan beberapa aspek lain dari program pemasaran perusahaan atau organisasi tersebut.  Teori yang memperlajari tentang berbagai factor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli barang dan jasa inilah yang disebut sebagai Model Perilaku Konsumen.

Assael dalam Sudarmiatin (2009) berpendapat bahwa ada 3 (tiga) factor yang mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian yaitu konsumen individu, lingkungan dan penerapan strategi pemasaran.

Peranan konsumen terdiri atas hal-hal sebagai berikut :
        a.      User adalah orang yang benar-benar (secara actual) mengkonsumsi atau menggunakan produk atau               mendapatkan manfaat dari produk atau jasa yang dibeli.
        b.      Payer adalah orang yang mendanai atau membiayai pembelian.
        c.       Buyer adalah orang yang berpartisipasi dalam pengadaan produk dari pasar.

PENJELASAN TENTANG TEORI PERILAKU KONSUMEN

      1.      Perilaku konsumen adalah dinamis.  Ini karena pemikiran, perasaan, dan tindakan dari setiap individu konsumen, kelompok sasaran konsumen, dan masyarakat secara keseluruhan, adalah selalu berubah.
      
      2.      Perilaku konsumen melibatkan interaksi. Hal ini melibat interaksi antara pemikiran orang-orang, perasaan, tindakan, dan lingkungan.
      
      3.      Perilaku konsumen melibatkan pertukaran.  Pertukaran ini terjadi pada sesama manusia.  Misalnya, seseorang menyerahkan suatu nilai (value) kepada orang lain, dan menerima seseuatu sebaliknya.

Teori ini disarikan dari buku karangan J Paul Peter & Jerry C Olson yang berjudul “Consumer Behavior & Marketing Strategy”.

REFERENSI atau SUMBER

http://justseenthink.blogspot.com/2010/10/psikologi-konsumen.html

0 comments:

Posting Komentar