Copyright © CORETAN PENA
Design by Dzignine
3 November 2013

Bab 8 Sikap Konsumen

SIKAP KONSUMEN

Definisi Sikap Konsumen

Engel, Blackwell, dan Miniard (1995) mengemukakan bahwa sikap menunjukkan apa yang konsumen sukai dan yang tidak disukai.  Definisi tersebut menggambarkan pandangan kognitif dari psikolog sosial, dimana sikap dianggap memiliki 3 unsur : kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan), dan konotatif (tindakan).  Dapat disimpulkan bahwa sikap merupakan ungkapan perasaan konsumen tentang suatu objek apakah disukai atau tidak, dan sikap juga bisa menggambarkan kepercayaan konsumen terhadap berbagai atribut dan manfaat dari objek tersebut.

Sikap konsumen adalah faktor penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen.  Mowen dan Minor (1998) menyebutkan bahwa istilah pembentukkan sikap (costumer attitude formation) sering kali menggambarkan hubungan antara kepercayaan, sikap, dan perilaku.  Kepercayaan, sikap, dan perilaku juga terkait dengan konsep atribut produk.  Atribut produk adalah karakteristik dari suatu produk.  Konsumen biasanya memiliki kepercayaan terhadap atribut suatu produk.

Fungsi-fungsi Sikap
      
      1.       Fungsi Utilitarian (Manfaat)
Seorang menyukai suatu produk karena ingin memperoleh manfaat dari produk tersebut atau menghindari resiko produk.  Karena itu sikap berperan seperti operan conditioning.
Contohnya :  seseorang menyukai makan sayur dan buah-buahan karena keduanya mengandung serat yangsangat bermanfaat bag kesehatan dan kebugaran konsumen.  Sebaliknya, seorang tidak merokok karena rokok membahayakan bagi kesehatannya.
      
      2.       Fungsi Mempertahankan Ego
Sikap melindungi ciitra diri seseorang ataupun produk.
Contoh :  seseorang selalu menggunakan sepatu bertumit tinggi, karena dia merasa menjadi lebih tinggi, sehingga bisa mengurangi rasa minder dan meningkatkan kepercayaan diri sendiri.  Sebuah iklan ceta dari produk susu bubuk untuk dewasa “Anlene” memberi pesan dengan konsep fungsi mempertahankan ego.  Konsumen memiliki rasa khawatir menjadi tulang kropos, ia harus melawan rasa takut tersebut, ia harus mempertahankan rasa egonya. Anlene memberikan solusi agar konsumen terhindar dari rasa takut tulang keropos dengan mengkonsumsi susu anlene.

      3.       Fungsi Ekspresi Nilai
Sikap akan menggambarkan minat/hobi seseorang.
Contoh  :  sikap seseorang menggambarkan minat/hobby membeli pakaian dibutik menggambarkan ekspresi kelas sosial seseorang.  Butik selalu diasosiasikan dengan tempat penjualan pakaian yang baik dan berkelas.

      4.       Fungsi Pengetahuan
Sikap positif terhadap suatu produk mencerminkan pengetahuan konsumen akan suatu produk.  Yang dapat dilakukan oleh pemasar, brosur berisi pengetahuan mengenai produk, penggunaan produk dan sebagainya.
Contoh  :  poster Nutrisari berusaha mengubah sikap konsumen dengan meningkatkan pengetahuan mengenai manfaat warna sayur dan buah yang beragam.  Peningkatan pengetahuan konsumen diharapkan dapat meningkatkan konsumsi terhadap produk tersebut.

Kombinasi Beberapa Fungsi
Strategi mengubah sikap sering dilakukan dengan cara memaparkan beberapa fungsi sikap untuk menarik perhatian konsumen, sehingga mereka terdorong untuk mengubah sikapnya.  Hal tersebut dilandasi oleh beragamnya faktor yang menyebabkan seorang konsumen menyukai atau tidak menyukai suatu produk.  Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkombinasikan beberapa fungsi agar konsumen dapat mengkonsumsi produk kita.

Komponen Utama Sikap
Sikap mempunyai tiga komponen utama, yaitu :

      a.       Kesadaran
Keyakinan bahwa “Diskriminasi itu salah” merupakan sebuah pernyataan evaluative.  Opini semacam ini adalah komponen kognitif dari sikap yang menentukan tingkatan untuk bagian yang lebih penting dari sebuah sikap-komponen afektifnya

      b.      Perasaan
Perasaan adalah segmen emosional atau perasaan dari sebuah sikap dan tercermin dalam pernyataan seperti “Saya tidak menyukai John karena ia mendiskriminasi orang-orang minoritas”.  Akhirnya perasaan bisa menimbulkan hasil akhir dari perilaku.
  
      c.       Perilaku
Komponen perilaku dari sebuah sikap merujuk pada suatu maksud untuk berperilaku dalam cara tertentu terhadap seseorang atau sesuatu.

Peran Sikap dalam Pengembangan Strategi Pemasaran
Sikap konsumen terhadap suatu produk dapat bervariasi bergantung pada orientasinya.  Berkenaan dengan sikap konsumen ini,para pemasar dapat mengidentifikasi segmen konsumen berdasarkan manfaat produk yang diinginkan konsumen.  Segmentasi manfaat produk bagi konsumen merupakan hal yang sangat mendasar untuk membidik konsumen, karena manfaat yang diinginkan akan mempengaruhi sikap dan perilaku mereka terhadap merek.  Dengan demikian akan menentukan keputusan konsumen terhadap produk tersebut.

Pemahaman sikap konsumen merupakan hal yang sangat krusial, terutama dalam pengembangan strategi pemasaran.  Pengembangan produk dapat dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan penelitian untuk mengetahui sikap konsumen.  Penelitian untuk mengukur sikap konsumen dapat dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada kelompok konsumen sasaran yang sebelumnya telah diidentifikasi.  Kelompok konsumen itu bisa didasarkan pada demografi, kelas sosial, dan gaya hidup.  Terhadap segmen sasaran itu sejumlah pertanyaan mengenai produk yang akan dikembangkan diajukan.  Dengan mendasarkan pada sikap dan penelitian segmen konsumen itulah pengembangan produk dilakukan.

Sikap konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan strategi promosi atau strategi pemasaran.  Misalnya, jika konsumen dari segmen pasar tertentu yang telah diidentifikasi menginginkan produk yang mudah dibawa dan mampu menyelesaikan segala persoalan untuk produk computer dan laptop, maka strategi promosinya harus menekankan pada penggambaran mobilitas dan penyelesaian persoalan dengan cepat.  Demikian juga untuk segmen pasar yang lain, pengembangan produk harus menyesuaikan sikap konsumen agar tujuan promosi atau pemasaran dapat tercapai.

Sumber  :

0 comments:

Posting Komentar